13 November 2010

Mau jadi apa setelah lulus?

Setelah menimba ilmu selama 4 tahun di bangku perkuliahan, setiap mahasiswa pasti akan memikirkan tentang masa depannya. Tentu dalam hal ini berhubungan dengan pekerjaan. Akan menjadi apa setelah lulus nanti.

Seperti yang diketahui semua orang, bahwa mencari pekerjaan yang layak di jaman seperti ini akanlah sulit. Dikarenakan persaingan akan semakin ketat. Hal ini disebabkan banyaknya jumlah pencari kerja tetapi sedikitnya lapangan kerja yang tersedia. Sebagai seorang fresh graduate hal ini akan semakin sulit. Kebanyakan dari perusahaan yang membuka lowongan, mereka lebih prefer pada calon karyawan yang telah mempunyai pengalaman di bidangnya.

Oleh karena itu, kita perlu berusaha keras untuk dapat mendapatkan pekerjaan. Disamping itu juga, terkadang seseorang dihadapkan oleh pilihan. Apakah dia akan menjadi seorang yang berkarier secara profesional ataupun menjadi seorang pegawai negeri sipil. Untuk hal ini, sebaiknya dipikirkan secara matang dari sejak dini. Karena begitu akan masuk ke dunia kerja, tidak akan bingung untuk memilih. Kebanyakkan dari pencari kerja akan memilih sebagai CPNS. Ini dapat disebabkan beberapa hal, antara lain kesempatan untuk lulus sebagai CPNS tidak akan datang berkali-kali serta adanya jaminan untuk hari tua nanti. Di sisi lain, berkarier profesional tentu mempunyai daya tarik sendiri. Jenjang karier yang terbuka lebar serta pekerjaan yang menantang.

Kita semua tentu mempunyai pilihan masing-masing dalam hal bidang yang akan kita pilih. Tentu tidaklah mudah, karena tidak sedikit orang yang tidak sukses dalam menjalani kariernya. Tergantung bagaimana kita menjalani serta menghargai pekerjaan tersebut. Jangan sampai salah memilih, karena ini akan menentukan masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar